Sunday, November 29, 2020

[Penting] 8 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak


Mendidik anak agar kelak menjadi anak yang berbakti kepada orang tua sesuatu yang tidak diinginkan setiap orang tua.
Karena menjadi anak yang berbakti kepada orang tua secara tidak langsung akan menjadikan diri seorang anak menjadi anak yang baik. Tetapi tidak banyak dari orang tua yang tahu tentang bagaimana cara mendidik anaknya menjadi anak yang baik menurut pendapatnya.

Oleh sebab itu disini saya akan memberikan sedikit kesalahan orang tua dalam mendidik anaknya, agar kita semua bisa belajar menjadi orang tua yang baik kepada anak-anak kita. Karena jika orang tua baik-baik, jawaban tidak langsung anak akan mengikuti alur dari orang tua, tetapi jika orang tua salah mendidik anak ya bisa jadi anak juga akan salah dalam berperilaku. Inilah beberapa kesalahan orang tua dalam mendidik anaknya, coba disimak dan resapi pelan-pelan ya.

1. Anak Selalu Mengganggu Terus Menerus
Jika anak selalu mengganggu dan mengusik kita pasti ada batasan, tidak ada pertanyaan saya apakah anda sudah berusaha waktu untuk anak? Apakah anda punya waktu untuk mengajaknya bermain? Karena jika anak selalu mengganggu itu karena anak membutuhkan perhatian lebih dari orang tuanya. Ini sangat penting dan jangan menjawab remeh, karena banyak sekali anak yang diabaikan lalu anak tersebut menjadi hilang kendali. Lantas yang salah siapa? Sudah pasti orang tuanya, karena orang tua tidak pernah ada waktu untuk anaknya sendiri.

2. Anak Menjadi Cengeng Dan Penakut
Ini bukan keturunan dari salah satu keluarganya ya, tetapi ini adalah bentu kekeliruan kecil dari orang tua tetapi malah bikin anak menjadi seperti ini. Penyebabnya anda terlalu banyak memberikan nasehat kepada anak tetapi lalai untuk memberikan dorongan dan semangat pada anak. Sebagai contoh kecil ubah kata "Jangan Takut" menjadi "Ayo Kamu Pasti Bisa" seperti itu, sehingga anak ada niat berusaha untuk bisa.

3. Anak Tidak Pernah Membela Diri
Ada juga anak yang berada di nakalin sama teman-teman-fakta tidak pernah ada fakta yang ada, dan ini juga patut diwaspadai untuk orang tuanya. Penyebabnya adalah hal yang sering kali dilakukan oleh kebanyakan orang tua dan ternyata dampaknya sangat buruk sekali untuk anak, penyebabnya adalah orang tua sering membantu dan juga memarahi anak anda didepan umum atau didepan saudaranya, karena itu rubah kebiasaan itu ya, kalau bisa dihindari. Jika harus memarahi anak orang tua harus mengajak ketempat yang tidak ada orang tau, agar anak tidak seperti ini.

4. Anak Sering Mengambil Mainan Temannya, sedangkan Anda Sudah Membelikannya Mainan
Jika hal itu terjadi maka cara mengatasinya cukup mudah yaitu jangan pernah membelikannya sendiri, tetapi jika memang Anda ingin membelikannya mainan Anda juga harus mengajak anak Anda ke toko mainan mainan agar dia lebih leluasa memilih yang dia inginkan.

5. Anak Menjadi Penakut
Nah ini juga sering dijumpai di sekitar kita, kenapa itu bisa terjadi pada anak? Jawabannya karena anak yang selu dibantu oleh orang tua, terkadang ada orang tua yang terlalu protektif pada anak sehingga rintangan yang ada di hadapan anak itu selalu berusaha disingkirkan oleh orang tua. Oleh karena itu coba latih anak untuk berusaha sendiri untuk melewati segala rintangan yang ada dihadapannya.

6. Anak yang Memiliki Sifat Dengki Dan Pendendam
Jangan sampai anak memiliki sifat dalam hatinya karena sifat ini sangat berpengaruh buruk dalam kehidupannya. Lalu kenapa anak bisa memiliki sifat ini? Itu karena anda selalu membandingkannya dengan orang lain atau keluhan, ya walau peduli anak bisa semangat untuk menjadi yang terbaik, tetapi yang harus kalian tau hal itu juga mampu membangkitkan rasa dalam hati mereka.

7. Anak Tidak Terbuka Dengan Orang Tuanya
Jika anak Anda pendiam didepan dan sangat terbuka dengan orang lain maka Anda juga harus ada, karena jika itu terjadi terus menerus maka sifat anak juga sulit untuk dikendalikan. Lantas apa penyebabnya? Itu karena anda terlalu besarkan hal sepele tentang sesuatu yang diceritakan anak kepada anda.

8. Anak Berperilaku Kasar
Ini yang patut diwaspadai, karena sifat ini sangatlah buruk pada anak, hal ini disebabkan karena lingkungannya. Jika orang kedua orang tuanya penyabar maka hal yang harus dirubah adalah pergaulan anak-anaknya, bisa jadi salah satu teman atau saudara memiliki sifat tersebut. Nah kita yang sebagai orang tua harus menghargai siapa saja teman atau saudara terdekatnya.

Itulah beberapa kesalahan orang tua dalam mendidik anak yang bisa saya jelaskan pada artikel ini, semoga kita semua menjadi orang tua terbaik untuk buah hati kita tercinta ini, karena hakekatnya anak sebuah kendaraan, dan orang tua adalah pengemudinya, kendaran mau jalan kemanapun itu tergantung pengemudinya , semoga bermanfaat. Salam


EmoticonEmoticon