Sunday, April 26, 2020

Selain Baik Untuk Lambung!! Inilah 7 Manfaat Bawang Merah Yang Baik Bagi Tubuh


Bawang merah merupakan salah satu bumbu wajib dalam membuat masakan menjadi sedap, karena memang bawang merah ini rasanya tak pernah lepas dari bumbu penyedap masakan. Tapi masih banyak yang belum tau manfaat bawang merah sepenuhnya, oleh karena itu disini saya akan mengupas tuntas manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat yang ada dalam bawang merah ini selain baik untuk lambung dan ternyata manfaat lain yang ada dalam kandungan bawang merah ini ternyata juga sangat baik untuk sistem pencernaan, jadi itulah sebabnya kenapa bawang merah selalu ada dalam sebuah bumbu masakan. Okelah tidak usah berbelit - belit inilah beberapa manfaat bawang merah yang patut kamu ketahui.

1. Mampu Mengatasi Gastiris
Gastiris merupakan peradangan pada saluran didalam lambung, nah penyebab gastiris ini karena sering mengkonsumsi obat obatan yang mengandung non steroid anti inflamation drug, dan juga penyebab gastiris yang selanjutnya karena infeksi bakteri Helicobacter pylori. Nah oleh sebab itulah dengan mengkonsumsi bawang merah ini ternyata mampu menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter Pylori. 

Tetapi perlu diingat jangan terlalu banyak mengkonsumsi bawang merah ya kawan, karena bawang merah ini memicu munculnya gas didalam lambung dan menyebabkan perut kembung, jadi jangan terlalu sering mengkonsumsi bawang merah jika kamu sering terkena perut kembung.

2. Mampu Mengobati Pilek dan Hidung Tersumbat

Walaupun bawang merah ini termasuk bumbu dapur ternyata bawang merah ini mampu mengobati pilek dan hidung tersumbat, ya awalnya saya memandang sebelah mata bawang merah ini karena cara ini itu adalah sebuah kearifan lokal tanah jawa, Tapi setelah saya coba sendiri ternyata cara itu efektif berhasil.

Caranya cukup mudah kok, cukup kupas kulit bawang merah yang kering lalu iris menjadi dua bagian ya, setelah itu cukup taruh disamping bantal kamu, lalu kamu tidur menghadap bawang merah tersebut. Cara ini walau dibilang sebuah kearifan lokal, ternyata cara ini berhasil ampuh untuk mengobati pilek dan hidung tersumbat.

3. Mencegah Kanker Lambung

Kanker lambung merupakan sebuah penyakit yang sangat berbahaya, kanker itu sendiri terjadi karena ada pertumbuhan sel kanker yang berada dilambung. Dan bawang merah ini ternyata diyakini mampu mencegah terjadinya kanker pada lambung, karena kandungan yang baik pada bawang merah yang khususnya bagus untuk lambung ternyata mampu membuat bawang merah ini menjadi pencegah terjadinya kanker pada lambung.

4. Menjaga Kesehatan Lambung
kandungan nutrisi dan antibakteri yang ada dalam kandungan bawang merah ini ternyata berpengaruh baik terhadap lambung, karena nutrisi yang cukup serta antribakteri ini ternyata sangat dibutuhkan dilambung, oleh karena itu konsumsi bawang merah ini dengan rutin namun sewajarnya, karena bawang merah ini memicu terjadinya perut kembung.

5. Membantu Menyembuhkan Maag

Jangan anggap remeh penyakit ini, karena penyakit maag ini diam diam sangat berbahaya bagi manusia. Dan ternyata hampir 40% orang didunia ini ternyata mempunyai masalah penyakit lambung termasuk maag ini. Maag ini menimbulkan rasa nyeri pada bagian perut dan terasa sangat sakit sekali jika kondisi ini berlarut larut lamanya, oleh karena itu bawang merah ini ternyata sangat ampuh untuk mengobati penyakit maag.

Dengan metode kearifan lokal ternyata cara itu cukup efektif untuk mengobati dan meredahakan penyakit maag, caranya sangat mudah cukup kupas bawang merah lalu kunyah bawang merah dengan berlahan sampai halus lalu telan, lakukan cara ini dengan rutin maka sakit maag kamu akan segera cepat sembuh. Tapi perlu diingat jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi bawang merah mentah, karena jika terlalu banyak makan bawang merah mentah ini juga memicu penyakit maag akan menjadi semakin melebar.

6. Mengatasi Sembelit
Sembelit merupakan gejala susah buang air besar, karena kekurangan serat pada tubuh maka kadang manusia merasakan sembelit diperut, tapi tenang saja dengan mengkonsumsi bawang merah maka masalah sembelitmu akan segera cepat selesai.

7. Manfaat Lainnya
Selain ada 6 manfaat dari bawang merah itu sendiri ternyata masih ada beberapa manfaat lain dari bawang merah yang jarang orang tau seperti bawang merah sangat baik untuk mengontrol kadar kolestrol pada darah manusia.

Selain itu manfaat bawang merah ini juga mampu mengontrol gula darah yang akan menyebabkan penyakit diabetes, selain  itu bawang merah juga sangat baik untuk jantung. Itulah beberapa manfaat bawang merah, tapi masih ada manfaat lainnya lo seperti meningkatkan kesehatan pada tulan dan mata manusia, dan serta mampu menjaga kesehatan imunitas tubuh.

Itulah beberapa manfaat bawang merah yang admin tau, ya sebenarnya masih ada manfaat lain dari bawang merah yang belum bisa admin tulis, mungkin admin akan berusaha semaksimal mungkin untuk selalu mengupdate artikel ini tentang manfaat dari bawang merah itu sendiri, semoga artikel ini dapat membantu kalian semua. Salam


EmoticonEmoticon