Saturday, April 18, 2020

Ternyata Mudah Sekali Membuat Minuman Empon Empon Untuk Cegah Virus Corona

Empon empon merupakan sebuah bumbu racik yang harus ada dalam sebuah makanan di Indonesia. Karena beberapa keunggulan yang ada dalam empon empon ini memang berkhasiat untuk melezatkan makanan yang akan kita buat. Tetapi siapa sangka empon-empon ini juga bisa menangkal sebuah virus yang sedang heboh dinegara tercinta kita ini yaitu virus corona atau biasa disebut covid 19. Oleh karena itu disini saya akan mengupas tuntas tentang empon empon yang sedang banyak dibicarakan.

Empon empon yang kita buat minuman untuk mencegah virus corona ini terdiri dari Kunir / Kunyit, Jahe, Daun Sereh, Kencur, Kayu manis, jadi tidak semua bumbu empon empon bisa dijadikan sebuah minuman, melainkan menjadi bumbu dapur ya kawan.

1. Jahe

Jahe Merupakan sebuah tanaman yang akarnya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan juga sebuah minuman yang bisa menghangatkan badan. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk jahe dengan batu tapi jangan sampai hancur, lalu taruh dalam gelas, masukkan gula secukupnya dan air panas lalu aduk hingga merata.

Ternyata kandungan pada jahe ini meliputi beberapa senyawa kimia seperti oleoresin, geranial, neral, b-felladren, sineol, borneol, disabolen dan vitamin. Tanaman jahe ini sendiri juga terkenal akan manfaatnya karena jahe memiliki efek anti mikroba, anti kanker, anti diabetes dan juga anti emetik.

2. Kunir

Kunir merupakan tanaman yang sama halnya dengan jahe, tanaman ini juga biasa digunakan sebagai bumbu makanan, pewarna makanan dan bahkan kunir juga bisa digunakan sebagai terapi kecantikan. Tetapi kandungan dalam kunyit ini berbeda jauh dengan jahe, kunyit ini mengandung demetoksikumin sebanyak 10%, bisdesmetoksikurkumin 1-5% dan minyak atsiri. Beberapa manfaat dari kunyit / kunir ini diantaranya seperti :
1. Meredakan Peradangan
2. Mengobati Maag
3. Mengempiskan Perut Kembung
4. Mengurangi Mual (Cocok Untuk Ibu Hamil Muda)
5. Meredakan Nyeri Saat Haid Atau Saat PraMenstruasi (PMS) 
6. Menurunkan Berat Badan (Cocok Juga Untuk Minuman Saat Diet)
7. Juga Dapat Menurunkan Gula Darah

Itulah beberapa manfaat kunit yang bisa kamu ketahui, ya walaupun sekarang negara tercinta ini sedang dalam pandemi virus corona semoga tanaman kunyit ini juga mampu untuk menjaga daya tahan tubuh kita.

3. Daun Sereh /  Daun Serai

Daun Sereh merupakan tanaman yang juga biasa digunakan dalam penyedap makanan yang alami. Karena ada banyak kandungan daun ini yang tentunya sangat baik untuk tubuh kita, dan inilah beberapa kandungan daun serai yang dapat kamu ketahui sebagai berikut :

1. Kalori Sebanyak 99 Kkal
2. karbohidrad Sebanyak 25.39g
3. Protein Sebanyak 1.82g
4. Lemak Sebanyak 0.49g
5. Asam Folat Sebanyak 75mcg
6. Vitamin B3 Sebanyak 1.101mg
7. Vitamin B6 Sebanyak 0.80mg
8. Vitamin B2 Sebanyak 0.135mg

Kadang daun serai ini juga digunakan untuk minuman saat diet juga lo, jadi buat kamu yang sedang diet, daun serai ini juga cocok sekali sebagai teman kamu saat diet. Oh iya ternyata daun serai juga banyak sekali manfaatnya antara lain seperti :

1. Menangkal Radial Bebas
2. Memiliki Zat Anti Mikroba Dan Juga Anti Bakteri
3. Mengatasi Gigi Berlubang
4. Menguatkan Tulang Dan Otot
5. Mengontrol Gula Darah
6. Menurunkan Kecemasan
7. Mengatasi Reumatik Dan Kejang

Nah gimana? Sudah tau kan kandungan dan manfaat dari daun sereh atau daun serai ini kan? Sudah dong. Okey jadi tanaman ini juga bisa menjadi campuran sebagai minuman untuk mencegah tertularnya virus corona atau covid 19.

4. Kayu Manis
Dari namanya saja sudah manis gimana rasanya ya? Hey jangan salah kayu manis ini juga tidak sepenuhnya manis ya kawan. Tapi jangan melihat dari rasanya tetapi kalian harus melihat dari manfaatnya, dan beberapa manfaat dari kayu manis ini adalah sebagai berikut :

1. Mengontrol Gula Darah
2. Anti Infeksi
3. Meningkatkan Fungsi Otak
4. Menurunkan Kolestrol
5. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
6. Mencegah Pergumpalan Darah
7. Meringankan Sakit Pada Penderita Reumatik

Nah sudah tau kan manfaat dari kayu manis ini, sekarang kita akan membahas tentang apa saja sih kandungan dari kayu manis ini? Kok sampai - sampai juga menjadi bahan minuman untuk mencegah virus corona. Ada beberapa kandungan dari kayu manis ini antara lain seperti Kalsium, Serat, dan Mineral.

Okey kita sudah bahas satu persatu manfaat tumbuhan yang akan kita olah menjadi minuman empon empon yang mampu untuk mencegah virus corona, jadi sekarang kita akan memberikan tips bagaimana cara membuat minuman empon empon itu sendiri, jadi simak ya tutorialnya.

1. Pertama-tama kita haluskan kunyit, kalau sudah peras kunyit tersebut didalam gelas
2. Kedua kita tumbuk jahe lalu rebus jahe kedalam air
3. Lalu masukkan daun serai dan kayu manis kedalam air rebusan jahe tadi 
4. Tiriskan air rebusan jahe, daun serai dan kayu manis kedalam gelas berisi parutan kunyit tadi
5. Masukkan gula / madu secukupnya
6. Tunggu hingga agak hangat lalu minum air ramuan itu 3x sehari agar daya tahan tubuh kamu kuat dari virus corona

Itulah cara membuat minuman empon empon yang dipercaya untuk mencegah virus corona, semoga kita semua terhindar dari virus ini dan seluruh keluarga kita diberikan kesehatan. Mungkin itu saja yang bisa saya tulis pada artikel pertama saya pada kali ini, semoga artikel ini bisa membantu kita semua.


EmoticonEmoticon