Wednesday, April 22, 2020

Ibu Hamil Wajib Tau, 7 Manfaat Ikan Asin Untuk Ibu Hamil Dan Janin


Ikan asin atau biasa orang jawa menyebutnya gerih, balur dan teri ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat. Kadang orang menggunakan ikan asin ini untuk lauk pauk atau terkadang juga menggunakannya sebagai sambal yang super lezatnya. Karena memang rasanya yang lezat banyak orang yang mulanya tak suka dengan jenis ikan ketika menyantap ikan asin ini menjadi suka. Karena memang citra rasa yang diberikan ikan asin ini memang benar - benar luar biasa.



Tapi pernah terfikir tidak sih kalau ikan asin ini juga sangat baik untuk ibu hamil (Bumil) beserta janinnya?? Karena banyaknya kandungan gizi pada ikan asin ini ternyata membuat ikan asin ini cocok dikonsumsi untuk ibu ibu yang sedang hamil, ciee.... selamat ya bunda. Oke inilah beberapa manfaat ikan asin untuk ibu hamil.

1. Kaya Akan Protein
Ikan asin merupakan sumber protein, dan protein ini bermanfaat untuk membatu pertumbuhan organ pada janin ya bunda, ya walaupun kandungan protein pada ikan asin ini tidak terlalu banyak seperti makanan lainnya tetapi ikan asin ini bisa menjadi solusi untuk bunda yang tak suka makanan yang berbau amis.

2. Menambah Produksi Darah Pada Bunda Dan Janinnya
Ikan asin ini juga mengandung zat besi yang sangat baik juga tentunya untuk bunda dan janinnya, karena zat besi ini berguna untuk merangsang trobosit pada darah sehingga akan meninggkatkan kandungan darah pada bunda dan calon si kecil ya.

3. Mengurangi Resiko Keguguran
Semoga hal ini tidak akan terjadi pada bunda ya, aaaamiiin, karena menanti sibuah hati memang waktu yang sangat di impi impikan oleh semua bunda kan, oleh karena itu mengkonsumsi ikan asin ini juga membantu menekan resiko keguguran. Kekurangan zat besi merupakan ancaman terbesar untuk ibu hamil, karena jika kekurangan zat besi ini membuat banyak sekali gangguan kesehatan apalagi untuk calon si kecil ini bunda, jadi perbanyak zat besi dengan mengkonsumsi ikan asin ini ya.

4. Memberikan Nutrisi Otak Pada Janin
Kandungan yodium pada ikan asin sangatlah banyak karena ikan asin ini menggunakan garam yang tentunya juga banyak, kekurangan yodium pada janin ini membuat otak pada anak kedepannya sedikit terhambat. Untuk itu bunda harus memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mempunyai yodium banyak seperti ikan asin ini agar calon buah hatinya bisa pintar.

5. Mencegah Bayi Lahir Dengan Berat Rendah
Ternyata kandungan yodium pada ikan asin ini mampu mencegah bayi terlahir kurang berat badan dan prematur, karena pada dasarnya ibu hamil itu memerlukan 220 mikrogram perharinya agar janin yang ada dalam perut bunda mendapatkan yodium yang cukup dan dapat terlahir dengan normal dan lancar, aaamiiin.

6. Meningkatkan Hormon Tiroid
Manfaat hormon tiroid adalah mengatur metabolisme tubuh dan janin, apabila hormon tiroidnya tercukupi makan tumbuh kembang janin akan sempurna. Dan jika metabolisme dalam tubuh bunda lancar maka bunda dan calon buah hatinya juga akan sehat.

7. Memberikan Kalsium Untuk Janin
Kalsium bermanfaat untuk pertumbuhan sel dan tulang pada janin, jadi peran kalsium untuk janin ini sangatlah besar, karena jika asupan kalsium pada janin ini terpenuhi maka pembentukan tulang pada janin akan terbentuk dengan sempurna.

Itulah beberapa manfaat ikan asin untuk ibu hamil, disamping kaya manfaat zat gizi yang baik untuk bunda dan janinnya ikan asin ini juga bisa menjadi makanan yang ekonomis untuk bunda. Tetapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi ikan asin ya bun, ya walau kandungan zat gizinya tidak terlalu banyak seperti makanan lainnya tetapi terlalu banyak mengkonsumsi ikan asin ini tidak baik untuk ibu hamil dan janin, jadi konsumsi seperlunya saja ya bunda.  Semoga artikel ini bermanfaat. Salam


EmoticonEmoticon