Tuesday, May 5, 2020

Selain Pendamping ASI, Inilah 7 Manfaat Buah Plum Untuk Bayi Sebagai Super Food


Bayi yang baru lahir memanglah harus diberikan asi dengan rutin, karena asi yang diberikan kepada bayi itu sangat diperlukan untuk bayi. Tetapi ketika bayi berusia 6 bulan sampai dengan 1 tahun bayi membutuhkan makanan pendamping asi, karena tujuan adanya makanan penamping asi atau MPASI ini bertujuan agar bayi bisa memutuskan asi pada usia 2 tahun kelak, dan diganti dengan makanan lain seperti bubur khusus bayi.

MPASI sebenarnya bukan hanya buah plum saja, tetapi buah yang sering digunakan sebagai pendamping asi biasanya adalah pisang, karena disisi lain mudah didapatkan buah pisang juga kaya akan manfaat. Tetapi kamu tau tidak sih kalau buah plum ini ternyata sangat kaya akan Karbohidrad, biasanya pemberian buah plum ini diberikan dua kali dalam sehari, entah itu dibuat jus ataupun dibuat campuran bubur bayi.

Manfaat Buah Plum Untuk Bayi Sebagai MPASI
Nah bunda pasti bertanya tanya kan kenapa harus buah plum yang saya sarankan? Karena buah plum ini walaupun harganya cukup lumayan tetapi buah ini menjamin kalau bayi akan suka dengan rasanya. Tapi bukan hanya rasanya yang disukai bayi dibawah satu tahun, tapi inilah beberapa manfaat buah plum untuk bayi sebagai MPASI.

1. Tinggi Antioksidan
Nah pada manfaat pertama ini adalah buah plum tinggi akan Antioksidan, dan ternyata buah yang memiliki posisi paling atas yang kaya akan antioksidan ini adalah buah plum. Antioksidan ini berguna untuk menjaga sel sel pada bayi dan juga berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pada bayi berusia dibawah satu tahun akan tidak rentan terkena penyakit.

2. Mengandung Vitamin C
Kandungan Vitamin C pada buah plum ini ternyata sangat cocok untuk bayi, khususnya pada bayi yang berusia dibawah satu tahun. Vitamin C pada buah plum ini berguna untuk menjaga daya tahan tubuh pada bayi, sehingga Vitamin C dan Antioksidan pada buah plum ini ternyata mampu bekerja sama untuk menjaga bayi agat tidak mudah sakit.

3. Mengandung Beta Caroten
Beta Caroten merupakan sebuah nutrisi yang sangat baik untuk mata, beta caroten ini juga bisa disebut dengan Pro Vitamin A, sehingga kandungan beta caroten ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata pada bayi.

4. Tinggi Akan Serat
Selain mengandung nutrisi yang banyak pada buah plum ini, ternyata buah plum ini juga kaya akan serat yang berguna sebagai melancarkan pencernaan pada bayi, apalagi bayi yang berusia dibawah satu tahun. Selain melancarkan Pencernaan, ternyata kandungan serat pada buah plum ini juga mampu mengatasi sembelit pada bayi.

5. Kaya Akan Kalsium
Kandungan kalsium pada buah plum ini ternyata sangatlah banyak, dan tentunya buah plum ini mampu untuk untuk menjadi pengganti kalsium pada susu bayi, karena ada beberapa bayi yang ternyata alergi pada susu sapi, nah oleh sebab itulah jus buah plum ini ternyata sangat cocok untuk pengganti kalsium susu.

6. Malancarkan Penyerapan Zat Besi
Zat besi merupakan sebuah nutrisi yang baik untuk baik, karena zat besi ini berguna untuk membentuk sel darah merah pada bayi, sehingga mampu untuk membantu pertumbuhan pada bayi. Nah kandungan Vitamin C yang ada dalam buah plum ini sangat banyak, ternyata sangat membantu untuk memperlancar serta mengoptimalkan penyerapan zat besi yang masuk kedalam tubuh bayi.

7. Kaya Akan Asam Folat
Pada bayi yang berusia kurang dari satu tahun hingga sampai tiga tahun ini ternyata adalah waktu dimana otak pada bayi ini sedang berkembang sangat tinggi. Oleh karena itu kandungan asam folat pada buah plum ini bertujuan untuk mengontrol perkembangan sistem saraf serta otak berkembang secara sempurna.

Cara Mengolah Buah Plum Untuk Bayi Yang Aman


Perlu diingat ya bunda buah plum ini memiliki rasa asam, tapi jika rasa buah plum ini terlalu asam sebaiknya jangan dikasihkan kepada bayi agar bayi mau mengkonsumsi buah plum ini.
Pertama, bunda boleh memblender buah plum ini lalu menyaring air pada buah plum ini, lalu bunda bisa mencampurkan pada yogurt atau bubur bayi agar bayi mau mengkonsumsi jus buah plum ini.

Kedua, bunda boleh mengukus atau merebus buah plum ini sebagai super food yang sangat baik tentunya, tetapi pilihlah buah plum yang manis ya bunda. Oh iya tujuan merebus atau mengukus buah plum ini bertujuan agar bayi yang mengkonsumsinya bisa tertelan dengan sempurna, agar tidak tersedak.

Itulah beberapa manfaat buah plum untuk bayi yang sangat cocok untuk jadikan makanan pengganti ASI (MPASI). Jika bunda bisa berkreasi cobalah membuat MPASI dari campuran buah plum ini, karena buah plum ini juga sangat cocok dijadikan campuran MPASI. Semoga artikel ini bermanfaat dan juga mampu menambah wawasan kita semua. Salam


EmoticonEmoticon