Tuesday, May 5, 2020

9 Olahan Dari Bahan Dasar Ketela Yang Masih Populer


Ketela merupakan sebuah tanaman dalam kategori umbi umbian, karena hasil yang dapat dipanen berasal dari bawah tanah. Tanaman ini merupakan jenis yang paling populer dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya daerah pegunungan. Karena memang banyak sekali beberapa orang pegunungan yang menanam tanaman ini.

Tanaman ini masih sangat laku keras dibeberapa pasar tradisional, karena banyak yang mengolah sebuah makanan dan masakan dari tanaman ketela ini, jadi tak heran jika kita masih sangat muda untuk mencari dan mendapatkan olahan atau dalam bentuk mentah.

Untuk cara menanam pohon ketela ini cukup mudah ya kawan, cukup potong pohon ketela kira-kira 30cm lalu tinggal tancapkan saja didalam tanah. Jika pada musim penghujan pohon ketela ini membutuhkan waktu kisaran 6 bulan agar ketela bisa dipanen dan mendapatkan hasil yang maksimal. Cara memanennya pun juga sangat mudah, cukup menggunakan cangkul dan tinggal mencabut saja, tetapi membutuhkan tenaga yang lumayan extra untuk mencabut tanaman ketela ini.

Beberapa olahan makanan dari bahan baku ketela


1. Daun Ketela Muda

Daun ketela muda ini ternyata sangat enak sekali dimasak menggunakan santan, atau juga sangat bisa ditambah dengan tempe yang dipotong kecil kecil. Mungkin makanan ini tidak begitu asing buat ibu ibu, karena disisi lain membuatnya sangat mudah dan ternyata membuatnya pun tidak menggunakan begitu banyak bahan lainnya. Tetapi sayur daun ketela muda ini tidak cocok untuk beberapa orang yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi ya.

2. Urap Daun Ketela

Nasi pecel dan juga ayam bakar tidak akan lengkap rasanya kalau tidak ada urap urapnya. Nah buat kamu yang tidak mau ribet, kamu juga bisa menggunakan daun ketela yang sudah direbus menjadi urap urap yang super lezat, apalagi ketika makan ayam bakar ditambah dengan sambal kelapa saya jamin mantap deh rasanya.

3.  Perkedel Ketela

Perkedel ketela atau orang Surabaya menyebutnya dengan sebutan lentho ini ternyata tak disangka rasanya, jujur walau terbuat dari bahan dasar ketela yang diparut halus lalu dicampur dengan bawang merah, bawang putih, cabai dan sedikit garam ternyata rasa dari ketelanya berubah menjadi rasa yang sangatlah gurih.

4. Gethuk

Makanan gethuk ini adalah sebuah makanan tradisional, makanan ini dulu sangat populer ketika dipasar, tetapi siapa sangka bahwa banyak yang mengolah gethuk dengan beragam warna warni yang sangat cantik.

5. Gaplek

Gaplek ternyata hingga saat ini masih sangat populer dikalangan masyarakat dipegunungan, beberapa dari mereka menjual ketela yang dia tanam itu dibuatnya menjadi gaplek. Ya walau membuat gaplek ini membutuhkan tenaga yang lumayan banyak, dan juga membuat gaplek juga memerlukan sinar matahari yang sangat dan stabil, agar gaplek yang dihasilkan dapat terbentuk sempurna.

6. Nasi Tiwul

Siapa nih yang suka dengan nasi tiwul? Saya sendiri sangat suka dengan nasi tiwul, karena disisi lain rasanya yang enak dan juga dihiasi dengan rasa manis tapi tidak terlalu manis ini ternyata membuat orang tidak pernah bosan menikmati nasi tiwul ini.

7. Timus

Timus merupakan sebuah gorengan yang bahan dasarnya sebuah ketela rambat. Membuatnya juga sangat mudah kok, cukup rebus ketelanya hingga benar-benar empuk, ketika sudah empuk kupas kulitnya lalu tumbuk hingga halus. Jika sudah buat sebuah lonjongan lalu celupkan kedalam tepung terigu yang sudah dicairkan lalu goreng dengan api yang sangat kecil.

8. Ketela Goreng

Membuat gorengan dari bahan dasar ketela ini ternyata sangat mudah kok, caranya cukup kupas kulit ketela lalu celupkan kedalam tepung terigu yang sudah dicairkan lalu goreng hingga matang.

9. Pohong Keju

Pohong keju atau orang biasa memanggilnya dengan sebutan telo keju. Ternyata membuka bisnis ini sangat banyak menguntungkan, karena pohong keju ini ternyata sangat ramai sekali orang yang menyukainya. Karena rasa yang gurih dan juga rasa asin tipis dari kejunya membuat orang ingin makan lagi dan lagi.

Itulah beberapa manfaat dari tumhuhan ketela dan juga beberapa olahan yang berasal dari tumbuhan ketela. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dan juga dapat membantu kita semuanya. Salam


EmoticonEmoticon