Thursday, May 14, 2020

[Terbukti Khasiatnya] 9 Jenis Rumput Liar Dipandang Sepele Dan Mulai Langka


Rumput liar merupakan sebuah tanaman yang hidup jika pada tanah tersebut terdapat sebuah air dan juga sering terkena pupuk. Maka dari itu banyak sekali rumput liar yang tumbuh apabila pada musim penghujan. Tetapi pernah terfikir tidak sih kalau ada beberapa jenis rumput liar yang ternyata banyak mengandung manfaat? Padahal kita terkadang menjumpai rumput itu.

Ternyata survey membuktikan bahwa beberapa rumput liar yang tumbuh mampu menjadi obat herbal alami yang sangat ampuh menyembuhkan beberapa penyakit kronis lo. Rumput liar ini sudab menjadi tradisi pengobatan kearifan lokal yang sudah banyak yang melupakannya. Oleh karena itu disini kita akan mengulas beberapa manfaat rumput liar yang mampu menjadi obat herbal secara alami. Jadi simak baik-baik tanaman ini, jika kamu menemukannya berarti kamu sudah menemukan sebuah obat herbal kearifan lokal.

1. Patikan Kebo

Tanaman ini merupakan sebuah rumput yang biasanya tumbuh dibeberapa tepi jalan, dan ternyata beberapa orang dari negara Filipina menggunakan tanaman ini sebagai ramuan pembuatan obat. Inilah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan menggunakan tanaman ini.
1. Disentri
2. Melancarkan Buang Air Kecil
3. Radang Ginjal
4. Radang Tenggorokan
5. Asma
6. Abses Paru

2. Krokot

Tanaman ini mungkin tidak asing bagi beberapa anak di Indonesia, karena tanaman ini biasanya dicari diarea persawahan untuk dijadikan makanan hewan jangkrik. Tapi jangan dianggao remeh tanaman ini karena tanaman ini ternyata dapat menyembuhkan beberapa penyakit sebagai berikut.
1. Radang Akut Usus Buntu
2. Luka Digigit Lipan
3. Borok
4. Sakit Kuning
5. Mengatasi Gugup
6. Mengatasi Gelisah
7. Kencing Darah

3. Bunga Kenop

Walaupun masih dianggao sebagai hama pada tanaman ternyata ada banyak manfaat yang besar pada bungan ini, walaupun bunga ini udah sangat langka dijumpai tetapi masih asa beberapa orang yang menjual bibit bungan kenop ini sebagai tanaman herbal. Inilah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan bunga kenop.
1. Asma
2. Buang Air Kecil Tidak Lancar
3. Panas Pada Anak
4. Menambah Nafsu Makan

4. Daun Sendok

Tanaman ini merupakan sebuah tanaman yang senang pada daerah yang tanahnya selalu terkena air, lebih suka lagi jika pada keadaan yang lembab dan sejuk. Ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya yang berbentuk menyerupai seperti sendok, oleh sebab itulah tanaman ini disebut daun sendok. Dan inilah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan daun sendok.
1. Gangguan Pada Saluran Kemih
2. Air Kemih Berdarah
3. Keputihan
4. Diare
5. Mimisan
6. Radang Saluran Nafas
7. Obat Kuat Laki-laki

5. Jarong

Tanaman ini masih dapat kita jumpai pada daerah pegunungan, karena tanaman ini adala tanaman liar yang sering digunakan sebagai pakan ternak, tapi ternyata ada beberapa penyakit yang dapat disembuhkan menggunakan tanaman jarong ini, inilah beberapa kegunaannya.
1. Demam Panas, Malaria
2. Radang Sendi
3. Muntah Darah
4. Nyeri Saat Menstruasi
5. Gondokan
6. Kencing Batu
7. Bisul Besar

6. Ophiopogon

Tanaman ini sekarang ini sedang populer dikarenakan menjadi tanaman hias yang diletakkan didepan rumah. Tapi siapa sangka bahwa tanaman ini ternyata adalah sebuah tanaman herbal yang tidak boleh dianggap sebelah mata, inilah beberapa kegunaannya.
1. Abses Paru
2. Batuk Rejan
3. Muntah Darah
4. Melancarkan Kencing

7. Rumput Belang

Rumput belang sekarang ini sudah mulai langka perkembangannya dikalangan lingkungan kita, Dan hampir sudah tidak pernah kita jumpai tanaman ini kan. Tetapi beberapa bibit rumput belang ini sudah banyak diperjual belikan, karena tanaman ini sudah termasuk dalam sebuah tanaman herbal yang sering digunakan sebagai obat alami, dan inilah beberapa manfaat dari rumput belang.
1. Batuk Dan Muntah Darah
2. Disentri Kronis
3. Keputihan
4. Kencing Nanah
5. Bisul

8. Semanggi Gunung

Siapa yang sering mencari rumput tapi sering bertemu dengan tanaman ini? Yaps ini adalah sebuah tanaman herbal yang cukup mudah ditemukan pada daerah pegunungan saja, karena tanaman ini menyukai tempat yang lembab dan sedikit tergenang air. Beberapa manfaat dari semanggi gunung antara lain sebagai berikut.
1. Sakit Kuning
2. Pengecilan Hati Dengan Perut Busung
3. Sariawan
4. Amandel
5. Kencing Kurang Lancar
6. Infeksi Telinga Tengah

9. Sawi Langit

Sawi langit atau orang biasanya menyebutnya sebagai sawi tanah ini merupakan sebuah tanaman yang mampu berkembang setinggi 55cm. Nah jenis tanaman ini merupakan satu keluarga dengan selada, tapi disisi itu tanaman ini juga merupakan sebuah flora khas Indonesia lo, tetapi jangan salah banyak sekali lo manfaat dari sawi langit ini, contohnya sebagai berikut.
1. Demam
2. Panas Batuk
3. Disentri
4. Hepatitis
5. Tidak Bersemangat
6. Susah Tidur
7. Bisul
8. Luka
9. Terkena Gigitan Ular

Itulah beberapa jenis rumput liar yang sebenarnya kaya akan manfaat yang sangat penting tetapi masih banyak dari kita yang belum tau, semoga artikel ini dapat membantu kita dan juga dapat menambah wawasan kita. Salam


EmoticonEmoticon