Tuesday, December 1, 2020

Tidak Harus Ke Dokter! 10 Tips Mengobati Yang Jarang Dilakukan Orang Tua Ketika Anaknya Sakit

 

Hay semuanya, kali ini saya akan membahas tentang 10 Tips Yang Jarang Dilakukan Orang Tua Ketika Anaknya Sakit. Kenapa saya mau membahas ini? Karena menurut saya kebanyakan orang tua zaman sekarang terlalu berlebihan terhadap proteksi terhadap anaknya, kok bisa gitu? Ya bayangin hangat badan dikit udah langsung dibawa kebidan. Sementara tidak semua ank kecil itu tawar terhadap obat yang diberikan oleh bidan, oleh sebab itu saya akan memberikan sedikit tips buat bunda agar tidak langsung panik ketika anaknya sakit.

Oke sebelum kita lanjut saya mau berpesan bahwa cara ini merupakan budaya kearifan lokal yang sudah jarang dilakukan oleh beberapa orang tua, padahal cara ini cukup ampuh dan efektiv untuk menyembuhkan penyakit sikecil agar sikecil tidak selalu bergantung dengan obat-obatan, tetapi jika cara ini tidak kunjung membuahkan hasil segeralah bawa anak anda kerumah sakit atau puskesmas terdekat.

1. Demam

Untuk mengatasi demam cukup dengan cara mudah yaitu dengan mengkompres udara hangat pada dahi anak anda dengan kain tipis. Lalu baluri tubuh sikecil dengan irisan bawang merah, atau bisa juga dengan cinta kayu putih atau sejenisnya, setelah itu berikan madu dengan air kelapa muda.

2. Pilek Dan Hidung Tersumbat

Hirup uap air panas yang sudah ditetesi minyak telon atau minyak kayu putih. Setelah itu jagalah ruangan anda agar tetap lembab dan jangan lupa untuk mematikan AC untuk sementara waktu, lalu siapkan air panas yang sudah ditetesi minyak telon pada sudut kamar sikecil.

3. Batuk

Untuk batuk bunda dapat memberikannya jeruk nipis ditambah madu atau bunga belimbing ditambah madu atau perasan kencur ditambah madu atau bisa juga kecap ditambah perasan jeruk nipis.

4. Sakit Tenggorokan

Ketika sikecil mengalami sakit tenggorokan yang mengakibatkan dia susah makan, karena tenggorokan terasa sakit saat makanan. Tetapi untuk mengobatinya cukup mudah untuk anak yang sudah besar yaitu cukup berkumur dengan udara hangat yang diberi sedikit garam, karena garam itu sendiri sangat ampuh untuk membunuh kuman dan juga mencegah peradangan. Cara kedua meminum air hangat yang terkoordinasi dengan perasan jeruk nipis juga sangat ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan.

5. Diare

Ketika anak sedang terkena diare diharuskan untuk meminum air yang diperlukan untuk mengganti cairan yang hilang. Untuk mengobatinya cukup berikan pucuk daun jambu yang sangat ampuh untuk perawatan diare. Bila anak menolah bunda juga bisa menambahkan madu agar mengurangi rasa asli dari daun jambu tersebut.

6. Sariawan

Sariawan merupakan penyakit yang disebabkan kuman yang bersarang dimulut dan juga kurangnya Vitamin C pada anak. Untuk menyembuhkannya berikan tumbukan daun saga lalu ditetesi madu setelah itu tempelkan pada sariawan sikecil.

7. Cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang umum oleh anak, dan beberapa dari masyarakat lebih memilih mengkonsumsi obat cacing pada anak, padahal ada obat alami yang mampu untuk merawat cacingan. Sayur petai adalah obat alami untuk penderita cacingan, kandungan belerang dan tannin pada petai ternyata sangat ampuh untuk membasmi cacingan, dan mencabut cacing pada tinja sikecil.

8. Luka

Entah itu luka karena benda tajam atau terjatuh dari sepeda atau yang lainnya cara mengobatinya juga snagat mudah, yaitu dengan mengoleskan madu alami pada luka tersebut. Selain kaya akan nutrisi ternyata madu juga sangat ampuh digunakan sebagai disinfektan.

9. Bisul

Untuk mengatasi bisul dengan cara cukup mudah yaitu dengan menumbuk atau menggiling halus daun bayam berduri dan ditambahkan madu. Ketika bisul sudah kering oleskan putih telur ditambah madu agar kulit bisa kembali seperti semula.

10. Anak Susah Makan

Untuk mengatasi anak yang susah makan caranya cukup mudah, berikan perasan temulawak ditambah madu. Karena dengan herbal ternyata sangat ampuh untuk merangsang nafsu makan pada anak.

Mungkin beberapa tips pengobatan yang sangat jarang dilakukan orang tua pada anak. Semoga artikel ini bisa membantu bunda semua untuk mengatasi penyakit pada anak, semoga lekas sembuh. Salam


EmoticonEmoticon