Friday, December 4, 2020

Urungkan Niatan Untuk Dibuang, Inilah 19 Manfaat Kulit Pisang Yang Sangat Penting Bagi Tubuh


Kulit sampah organik yang sering kali kita jumpai, kadang-kadang kulit pisang sering diabaikan oleh Kebanyakan orang pisang. Karena memang tidak banyak yang melihat apa saja dari kulit pisang tersebut. Ternyata setelah ditelusuri sangat banyak nutrisi yang terkandung didalam kulit pisang tersebut jadi tak heran jika ada beberapa orang yang memakan kulit pisang sebagai beberapa pengobatan dan perawatan, dan beberapa kandungan yang ada dalam kulit pisang yaitu:

1. Potasium
2. Asam Amino Esensial
3. Serat
4. Lemak Tak Jenuh Tunggal
5. Vitamin B6 Dan B12
6. Zat Besi
7. Fosfor
8. Magnesium
9. Mangan
10. Vitamin C
11. Vitamin E

Nah ternyata sangat banyak kandungan yang ada didalam kulit pisang, jadi buat kalian yang belum tahu hal ini jangan sampai dibuang kulit pisangnya, kan sayang banget karena banyak nutrisi yang dapat kita ambil didalamnya. Sekarang inilah beberapa manfaat dari kulit pisang yang dapat kamu ketahui.

1. Sebagai Masker Wajah Alami
Ternyata membuat masker alami dari kulit pisang ternyata sangat ampuh untuk menjaga kulit agar tetap bersinar. Cara membuatnya cukup mudah yaitu cuci dulu hingga bersih lalu menggilingnya hingga halus lalu tempelkan pada wajah hingga beberapa menit lalu bilas dengan air bersih, lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

2. Membuat Daging Lebih Empuk Saat Diolah
Ketika kita sedang mengolah daging tentu saja ketika kita menginginkan daging itu empuk dengan rata tetapi tidak mengurangi citra rasa dari daging tersebut maka kita juga harus melihat cara agar daging cepat empuk tanpa harus direbus lama.

Nah dengan menggunakan kulit pisang ternyata sangat ampuh untuk membuat tekstur daging yang kita rebut menjadi empuk merata, caranya cukup mudah yaitu dengan meletakkan kulit pisang lalu letakkan daging diatas kulit pisang tersebut lalu siram dengan air dan rebus dagingnya.

3. Mengurangi Rasa Gatal Hingga Peradangan
Ternyata dengan menggunakan kulit pisang sangat ampuh untuk mengobati rasa gatal hingga mengurangi peradangan ketika kulit terkena gigitan serangga. Hal itu sudah dibuktikan oleh peneliti hebat di Thailand yang hanya menggosokkan kulit pisang pada daerah yang digigit serangga ternyata sangat ampuh untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga.

4. Sebagai Penurun Kolestrol Alami
Mungkin dari kita sudah mencoba berbagai obat yang dapat menurunkan kolestrol, tetapi bukan kesembuhan yang didapat lantas hanya efek samping yang mengganggu yang didapat. Tenang jangan khawatir, dengan mengkonsumsi kulit pisang secara rutin jika kesulitan bisa dibuat jus maka mampu menurunkan kadar kolestrol pada tubuh anda, itu semua disebabkan karena kandungan serat yang ada dalam kulit pisang ini sangat banyak, jadi sangat ampuh untuk menurunkan kolestrol.

5. Mengatasi Depresi
Depresi merupakan keadaan dimana perasaan atau mood kamu sedang kacau, entah itu karena hal apapun itu. Kulit pisang yang mengandung Serat dan Potasium yang sangat mudah larut ternyata sangat ampuh untuk meningkatkan kadar serotonin sehingga dapat membantu memperbaiki suasana hati orang.

6. Memberikan Rasa Nyaman Saat Tidur
Susah tidur atau biasa disebut Insomnia merupakan penyakit berbahaya yang dapat merusak organ dalam manusia. Oleh karena itu manusia harus tidur minimal 8 jam sehari agar tidak terkena penyakit organ dalam, dengan mengkonsumsi kulit pisang secara rutin ternyata sangat ampuh untuk mengatasi Insomnia, hal itu disebabkan kulit pisang mengandung senyawa triptofan yang berperan penting untuk mengatasi masalah tidur.

7. Sebagai Teman Diet Yang Ampuh
Kandungan Vitamin C dan juga serat yang tinggi ternyata sangat ampuh untuk menjadi teman setiamu ketika melakukan diet. Karena serat yang ada dalam kulit pisang mampu mengencangkan kulit, ditambah Vitamin C yang mampu menjaga berat badan tetap stabil dan ideal.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan lutein pada kulit pisang ini ternyata sangat cocok untuk mencegah katarak pada mata, dengan mengkonsumsi kulit pisang secara rutin mampu menurunkan angka terjangkit katarak pada usia senja. Disisi lain juga kulit pisang juga dapat membantu menjaga mata agar tetap sehat dan juga jernih jika mengkonsumsinya secara rutin.

9. Pelancar BAB
Tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan jika pengobatan alami seperti kulit pisang masih bisa. Disamping huah pisang yang dapat melancarkan buang air besar ternyata kulit pisang juga sangat ampuh untuk mrlancarkan buang air besar dan juga tentunya sangat cocok juga untuk membersihkan sistem pencernaan kamu.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Mengolah kulit pisang dan mengkonsumsinya secara rutin ternyata sangat ampuh untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh sehingga tidak mudah sakit, itu semua disebabkan karena banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada kulit pisang.

11. Meningkatkan Kesehatan Rambut
Menggiling hingga halus kulit pisang lalu oleskan pada rambut secara meratan ternyata juga baik untuk mrnjadikan rambut menjadi lebih halus dan lembut, lakukan cara ini secara rutin ketika sebelum melakukan keramas.

12. Mengurangi Sakit Kepala
Sakit kepala merupakan penyakit yang sangat mengganggu, apalagi ketika sedang bekerja, hal itu membuat aktivitas menjadi terganggu. Cara mengatasinya cukup mudah itu dengan menggiling halus kulit pisang lalu tempelkan pada dahi.

13. Mengeringkan Luka Dan Memar
Kulit pisang yang digiling halus ternyata juga sangat ampuh untuk menyembuhkan luka dan juga memar pada kulit, caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan pada kulit luka lalu bilas dengan air. Untuk memar cukup oleskan pada kulit yang memar lalu tunggu hingga semalam lalu besok paginya bilas dengan air yang bersih.

14. Mencerahkan Wajah
Kandungan Vitamin C, Vitamin E dan juga Serat yang tinggi ternyata sabgat ampuh juga untuk mencerahkan wajah dan juga memutihkan kulit pada wajah. Caranya cukup mudah itu dengan menggosokkan kulit pisang pada wajah ketika malam hari lalu bilas dengan air bersih pada pagi harinya.

15. Mengatasi Jerawat Pada Kulit Wajah
Kandungan Vitamin B6 & B12, Magnesium, Fosfor Vitamin E dan Vitamin C ternyata juga mampu mengaatasi dan menghilangkan jerawat yang bersarang di kulit wajah. Untuk caranya juga sangat mudah dan simpel yaitu dengan menggosokkan kulit pisang padang wajah secara berlahan lalu diamkan secara 30 menit terus bilas dengan air bersih.

16. Menjaga Gigi Agar Tetap Sehat
Kandungan mangan dan magnesium yang terkandung dalam kulit pisang ini ternyata sangat ampuh untuk membunuh bakteri yang bersarang digigi. Kulit pisang juga menjadi media alternatif buat kamu yang memiliki gigi kuning.

Caranya juga sangat mudah itu dengan menggosokkan kulit pisang pada gigi secara rutin lalu bilas dengan air, setelah itu lakukan mencucian ulang menggunakan pasta gigi.

17. Mengurangi Mata Panda
Menggunakan masker khusus untuk mata ternyata sangat ampuh untuk mengatasi mata panda, carabya cukup menggiling kulit pisang dengan ditambah lidah buaya, lalu oleskan pada area sekitar mata dan tunggu sampai 30 menit bilas dengan air bersih.

18. Mengobati Kerutan Pada Wajah
Kulit pisang yang digiling halus lalu dicampur dengan kuning telur ternyata sangat cocok untuk menghilangkan kerutan pada wajah, dengan cara mengoleskannya pada wajah dan tunggu hingga 5-10 menit lalu bilas dengan air bersih.

19. Membentuk Otot Tubuh Yang Kuat
Menurut penelitian tim ahli dengan mengkonsumsi kulit pisang secara rutin tenyata mampu membentuk otot tubuh yang kuat, karena kulit pisang mampung mengaruhi metabolisme karbohidrat pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari kulit pisang yang perlu kamu ketahui, cukup banyak kan manfaatnya? Jadi coba deh mulai dari sekarang untuk selalu memakan kulit pisang secara rutin untuk mendapatkan khasiat dari kulit pisang, semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk menambah wawasan. Salam


EmoticonEmoticon