Friday, December 18, 2020

Tidak Dimakan Masih Dapat Khasiatnya Inilah 7 Manfaat Sering Minum Air Rendaman Mentimun


Mentimun siapa yang tidak mengenalnya? Karena buah ini sangat sering dimanfaatkan sebagai perawatan kulit, terutama wajah. Ada juga yang mengkonsumsinya sebagai pencegah darah tinggi, karena ketika mengkonsumsi mentimun akan mencegah darah tinggi dengan efektiv.

Selain digunakan berbagai macam hal pengobatan atau perawatan ternyata mentimun ini sering digunakan sebagai pelengkap sebuah makanan, seperti digunakan sebagai acar pada mie ayam ataupun tambahan pada rujak uleg.

Selain mampu digunakan untuk perawatan kulit atau dapat langsung dikonsumsi langsung, ternyata merendam irisan mentimun pada air juga memiliki khasiat tersendiri lo buat kamu yang tidak suka mengkonsumsi mentimun. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi, karena dengan meminum air rendaman mentimun kamu juga dapat manfaat dari mentimun ini, dan inilah beberapa manfaat dari air rendaman mentimun.

1. Mencegah Dehidrasi
Karena kandungan air yang cukup banyak pada mentimun, ternyata dengan mengkonsumsi mentimun dapat membantu mencegah dehidrasi pada tubuh. Karena jika seseorang manusia tidak cukup mengkonsumsi ait maka orang itu bisa terkena dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk mencegah dehidrasi selain meminum air rendaman mentimun ternyata manusia perlu meminum air sebanyak 8 hingga 10 gelas perharinya, atau setara 1.5 Liter lebih.

2. Menurunkan Berat Badan
Manfaat yang selanjutnya adalah air rendaman mentimun ini ternyata juga bisa menjadi teman saat kamu sedang melakukan diet lo. Hal ini disebabkan karena kandungan dari air rendaman mentimun ini dapat membuat perut kenyang lebih cepat sehingga kamu tidak merasakan lapar.

Oleh karena itu dari pada mengkonsumsi minuman bersoda, teh atau obat menurun berat badan, mendingan kamu mengkonsumsi air rendaman mentimun ini, disisi lain air rendaman mentimun ini adalah teman diet alami buat kamu.

3. Antioksidan Yang Baik Bagi Tubuh
Manfaat yang selanjutnya adalah Antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Antioksidan merupakan sebuah zat yang mampu mencegah kerusakan sel pada tubuh dikarenakan Radikal Bebas. Beberapa penyakit yang diakibatkan radikal bebas meliputi diabetes, serangan jantung, degerasi mata dll. Beberapa penyakit tersebut dikarenakan dampak dari terkena radikal bebas.

Dengan mengkonsumsi air rendaman mentimun ternyata sangat efektiv untuk mencegah kerusakan sel pada tubuh karena kandungan antioksidan yang terdapat didalam air rendaman mentimun baik untuk tubuh. Selain itu kandungan lain dari mentimun ini cukup beragam seperti Vitamin C, Beta Karoten, Manganese, dan juga Molydberum.

4. Mencegah Penyakit Kanker
Manfaat meminum air rendaman mentimun ternyata juga mampu untuk mencegah penyakit kanker pada tubuh, hal itu bisa terjadi dikarenakan selain kandungan antioksidan yang ada pada mentimun ternyata ada kandungan lain seperti Cucurbitacins dan juga lignan. Nah dua kandungan nutrisi tersebut berperan aktiv dalam menjaga diri dari sel kanker.

5. Menurunkan Hipertensi
Manfaat air rendaman mentimun selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah, beberapa orang yang mengalami Hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat dianjurkan memakan mentimun, jika tidak menyukai rasanya bisa meminum air rendaman mentimun dengan teratur.

Kenapa mentimun bisa menurunkan tekanan darah? Karena ada satu nutrisi penting dalam mentimun yang bisa menurunkan tekanan darah yaitu  Potassium. Nah mentimun juga merupakan tanaman yang menjadi sumber potassium yang cukup tinggi, oleh sebab itu mentimun menjadi obat alternatif alami bagi penderita tekanan darah tinggi.

Tetapi perlu diingat, mengkonsumsi mentimun dan juga air rendaman mentimun ternyata sangat tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah, hal ini disebabkan karena mentimun sangatlah cepat menurunkan tekanan darah pada tubuh.

6. Meningkatkan Kekuatan Tulang
Manfaat dari air rendaman mentimun yang selanjutnya adalah meningkatkan kekuatan dan kesehatan tulang. Hal ini disebabkan karena kandungan Vitamin K yang terdapat pada mentimun yang mampu untuk mencegah pembekuan darah.

Dengan adanya Vitamin K pada mentimun hal yang mampu menguatkan tulang adalah kandungan Silika dan juga Manganese yang sangat ampuh untuk membuat tulang menjadi kuat sehingga menurunkan resiko penyakit tulang seperti Osteoporosis.

7. Menyehatkan Kulit Wajah
Manfaat yang terakhir dari air rendaman mentimun ini ternyata sangat baik untuk kulit wajah, kandungan antioksidan pada mentimun sangat efektiv untuk untuk menjaga kulit wajah tetap sehat. Disisi lain kandungan lain pada mentimun yaitu zat anti peradangan, sehingga zat tersebut mampu mengurangi peradangan pada kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna dari air rendaman mentimun cukup dengan membasuh muka secara teratur menggunakan air rendaman mentimun ini agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa manfaat dari air rendaman mentimun yang bisa saya jelaskan pada kesempatan kali ini, disamping dapat digunakan langsung atau dibuat air rendaman ternyata kandungan khasiat yang ada dalam mentimun sangatlah banyak, semoga artikel ini bisa menjadi referensi buat kita semua. Salam


EmoticonEmoticon